Senandung Doa Maker

 

Senandung Doa Maker

 

Beberapa bulan silam, Kwarcab Purbalingga secara serentak menyelenggarakan pembagian masker  di seluruh kwarran se-Kabupaten Purbalingga.  Masker keren berwarna hitam sejumlah 60 buah akan dibagikan kepada masyarakat sekitar yang kebetulan tidak menggunakan masker. Selain pemberian edukasi kepada masyarakat tentang cara mencegah  dan menghindari virus corona, pembagian masker isi mengandung misi sosial, yaitu memberikan masker secara cuma-cuma kepada masyakarat.

Edukasi yang dapat disampaikan kepada masyarakat adalah pentingnya memakai masker. Salah satu penerapan perilaku hidup bersih dan sehat  untuk mencegah atau menghindari virus corona dapat dilakukan dengan memakai masker. Masker menjadi pelindung diri saat berada di tempat umum dan berinteraksi dengan orang lain.

Kwarran 03-14 Bojongsari  menindaklanjuti anjuran pembagian masker untuk dibagikan kepada masyarakat. Bahkan Kwarran Bojongsari menambah jumalh masker yang akan dibagikan kepada masyarakat. Ketua Kwarran. Bojongsari langsung berkoordinasi dengan pengurus untuk melaksanakan tugas pembagian masker kepada masyarakat yang membutuhkan. Terdapat tiga tempat yang menjadi sasaran. Tempat yang menjadi sasaran adalah sekitar perempatan Desa Brobot, pasar Bojoingsari, dan pasar Beji.

Temuan yang ada setelah dilaksanakan pembagian masker adalah masih ada anggapan karena ada kepentingan sebentar keluar rumah, maka orang yang bersangkutan  tidak menggunakan masker. Temuan yang lain adalah para tukang becak yang mangkal di perempatan. Masker yang dipakai sudah lusuh sehingga sudah tidak layak pakai.  Para tukang becak dan seluruh masyarakat yang beruntung menerima masker mengucapkan terima kasih kepara para pramuka yang sudah peduli memberikan secara cuma-cuma. Semoga pandemi ini cepat berlalu dan masyarakat dapat beraktivitas normal.

Penggunaan masker dalam rangka perilaku hidup sehat memberi ide bagi para penulis untuk membuat karya. Salah satu karya yang bertema pandemi adalah puisi yang berjudul Senandung Doa Masker. Puisi ini karya Budi Soekarno, sekaligus Ketua Kwarran 03-14 Bojongsari. Puisi ini sudah masuk dalam Buku Antologi  Puisi Senandung Doa Masker dengan nomor ISBN ISBN 978-623-7947-35-6.

Berikut ini puisi dengan judul Senandung Doa Masker karya Budi Soekarno.

Saat ini semua orang membutuhkanmu

Saat ini semua orang mencintaimu

Aku mengalir apa adanya

Tentang kehidupan manusia

Dulu aku hanya dipandang sebelah mata

Oleh orang yang tak peduli denganku

Andaikan aku sudah digunakan

Aku diabaikan

Aku dibuang

Bahkan dibakar

dan diinjak-injak bagai sampah yang terbuang

Tanpa pedulikan aku lagi

Sekarang aku bagaikan bagian dari kehidupan

Yang selalu dicari setiap orang

Aku bahkan dipakai setiap hari

Pramuka peduli siap hadir memberi kebahagiaan

Membagikan masker-masker kepada setiap orang

Akulah si Masker

Yang harus ada dalam denyut kehidupan

Jutaan manusia menggunakanku

Aku hanya bisa berdoa

Semoga selembar kain mungil ini bermanfaat

Bagi semua orang

Sebagai menutup muka

Penghalang debu

Penyekat udara

Agar terhindar dari Virus Corona

Aku selalu ikut bersenandung dalam doa

Agar setiap insan diberikan keselamatan dan kesehatan

 

 

 

Kak Maelalia Andini

One thought on “Senandung Doa Maker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

TIADA ROTAN AKARPUN JADI (Pramuka kreatif, Pramuka berkreasi)

Jum Apr 2 , 2021
Tiada Rotan […]