TIADA ROTAN AKARPUN JADI (Pramuka kreatif, Pramuka berkreasi)

Tiada Rotan Akarpun Jadi

 

Kegiatan Pesta Siaga Kwarcab Purbalingga Tahun 2021 hampir usai. Banyak kenangan manis yang tak terlupakan. Kebahagiaan peserta pesta siaga terlihat dalam aura wajah yang selalu ceria. Apalagi hampir setahun tidak ada aktivitas di sekolah. Kejenuhan belajar di rumah menjadi terobati manakala peserta siaga yang terdiri 10 putra dan putri hadir di sekolah untuk mengikuti latihan.

Salah satu taman yang dilombakan dalam kegaiatan pesta siaga adalah Taman Yel-yel Barung. Pada Taman Yel-yel dituntut kreativitas dari bina damping dan peserta. Kreativitas yang dibutuhkan adalah setiap barung harus menggunakan kostum sesuai dengan tokoh idola peserta.

Tiada rotan akar pun jadi. Demikian pepatah mengatakan. Kostum tidak harus dengan harga yang mahal. Barang bekas pun bisa dipakai untuk kostum unik dan menggembirakan. SD Negeri 1 Brobot Kecamatan Bojongsari termasuk salah satu peserta yang menggunakan kostum yang berasal dari koran bekas, gelas plastik bekas, dan sampah alam. Daun kering unik bisa dijadikan sebagai mahkota. Selempang pramuka dapat disulap dengan hiasan daun puring yang disusun secara simetris. Koran-koran bekas dapat dijadikan sebagai bawahan menghiasi seragam pramuka. Plastik bekas minuman dapat dipakai sebagai hiasan tangan.

Sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui. Begitulah bunyi peribahasa. Sampah alam yang berupa daun kering dapat dijadikan sebagai hiasan baju. Sampah gelas plastik dapat dipakai kembali sebagai hiasan unik. Daur ulang gelas plastik menjadi barang yang lebih memiliki nilai estetika. Halaman sekolah bersih dari sampah. Koran bekas dibuat gulungan seperti terompet dijadikan hiasan bawahan. Kesempatan membaca koran dimanfaatkan untuk meningkatkan literasi peserta. Karakter peduli terhadap lingkungan terpupuk sejak dini. Peserta didik bahagia dengan apa yang dikenakan. Bagai pangeran dan bidadari sedang menari. Begitulah komentar anak.

 

 

 

 

 

Kak Maelalia Andini

6 thoughts on “TIADA ROTAN AKARPUN JADI (Pramuka kreatif, Pramuka berkreasi)

  1. Semangat terus untuk Bapak Ibu Guru dalam mencerdaskan putra putri bangsa. Semangat dan selalu tingkatkan kreatifitas dalam mengajar. Sehat selalu untuk bapak ibu guru SD 1 Brobot.

  2. Semoga pesta siaga selalu diadakan.
    Buat SD N 1 BROBOT ini langkah awal kesuksesan buat kedepannya..Amin yea Rabb

    1. aamiin. siap kak antoro , Kami akan senang sekali jika pesta siaga bisa selalu diadakan walaupundalam pandemi seperti ini. diharapkan dengan adanya pesta siaga secara virtula ini dapat meningkatkan kreatifitas dan keaktifan masing-masih gudep nggih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PRAMUKA PEMERSATU BUDAYA BANGSA

Sab Apr 3 , 2021
Pramuka pemersatu […]