PRAMUKA PEMERSATU BUDAYA BANGSA

Pramuka pemersatu budaya bangsa, kalimat ini sangat cocok digunakan untuk menggambarkan PRAMUKA. Tahun ini Kwartir Cabang Purbalingga mengadakan kegiatan Lomba Pesta Siaga Virtual yang dilakukan secara serentak di masing-masing kwarran yang ada di Purbalingga. Untuk menindak lanjuti hal tersebut Kwarran Bojongsari mengadakan kegiatan Lomba Pesta Siaga Virtual tingkat Kwarrtir Ranting Bojongsari yang diikuti Oleh 33 SD/MI se-kecamatan Bojongsari. Kata Virtual ini menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi kakak-kakak pembina pramuka di masing-masing Gugus Depan, Pesta Siaga yang semula diselenggarakan secara langsung sekarang dikarenakan sedang masa Pandemi menyebabkan diadakan secara virtual. Kwarran Bojongsari memberikan arahan untuk setiap Gudep dan menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut ada 4 taman penilaian, Yaitu Taman Administari, Taman Yel-Yel, Taman Seni Tari dan Taman Parade Puisi.

Para pembina dan guru-guru SD Negeri 2 Pagedangan ikut berpartisipasi dalam Kegiatan Lomba Pesta Siaga Virtual 2021 tersebut. Sehingga para pembina bersikeras mencari ide-ide untuk membuat konten yang menarik untuk ditampilkan di masing-masing taman. Dari ke-empat taman ini taman seni tari dan yel-yel yang benar-benar meningkatkan kreatifitas peserta dan pembina. Dengan adanya kegiatan ini anak-anak berkreasi sembari belajar mengenai budaya Indonesia, Pramuka pemersatu budaya bangsa, selain pramuka riang gembira ternyata pramuka juga mengajarkan kita untuk berbudaya.

Anak-anak sangat antusias dalam mempelajari tari kreasi daerah, mereka juga ikut andil dalam pembuatan properti-properti tari seperti gunungan dan tudung. Mereka belajar bagaimana cara membuat kesenian gunungan dari bahan bekas dan memanfaatkan bahan-bahan yang ada. Selain itu anak-anak pun bisa belajar dari hal tersebut menegani kebudayaan Indonesia yang di balut dalam suatu kegiatan pramuka. Berkat semangat dan Kerjasama tim yang sangat luar biasa SD negeri 2 pagedangan kecamatan Bojongsari mendapatkan Juara Harapan 1 Putri dan Juara Harapan 3 Putra.Meskipun belum berhasil maju ketingkat Kwarcab Purbalingga, Anak-anak merasa senang karena mendapatkan banyak hal, banyak Ilmu dari kegiatan Pramuka ini. Dari Pramuka kita bisa belajar bermacam budaya Indonesia seperti Tarian, Kesenian lukis, pakaian adat serta lagu daerah semua disatukan dalam PRAMUKA

 

Kak Maelalia Andini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

PRAMUKA SIAGA BOJONGSARI BERKIPRAH DI TINGKAT KWARTIR DAERAH JAWA TENGAH

Sab Apr 3 , 2021
Bojongsari- ¬†¬†Kali […]