Benarkah Daun Sungkai Obat Covid-19. Ini Penjelasannya

Dipercaya mampu  meningkatkan kesehatan (imunitas) tubuh serta menangkis serangan virus. Daun Sungkai (Peronema Canescens Jack) mendadak jadi bahan perbincangan.

Sungkai juga sering disebut sebagai jati sabrang, termasuk kedalam famili Verbenaceae.

“Hasil penelitian Pendidikan Biologi FKIP Universitas Bengkulu dapat disimpulkan bahwa pemberian ekstrak daun muda sungkai  berpotensi dalam imunitas tubuh,” kata Kak Tofik Nur Arifan, Sekretaris Pramuka Peduli Kwarcab Purbalingga, seperti dikutip dari laman purbalingga.pramukajateng.or.id,  Jumat (23 Juli 2021)

Ia menambahkan, imunitas adalah resistensi terhadap penyakit, terutama penyakit infeksi. Gabungan sel, molekul dan jaringan yang berperan dalam resistensi terhadap infeksi disebut sistem imun, dan reaksi yang dikoordinasi sel-sel dan molekul-molekul terhadap mikroba dan bahan lainnya terhadap disebut respon imun.

“Daya tahan tubuh atau sistem imun diantaranya dapat dikaji melalui banyaknya jumlah sel darah putih atau leukosit dalam darah,” katanya.

Bukan obat Covid-19

Pamong Saka Bhakti Husada Kecamatan Karangreja menjelaskan, senyawa yang terkandung dalam sungkai mempunyai bioaktifitas sebagai imunostimulan agent yaitu golongan senyawa polisakarida, terpenoid, alkaloid dan polifenol.

“Perlu ditegaskan, ekstrak daun sungkai ini bukan obat Covid-19. Kita sebut dengan ramuan tradisional. Air rebusannya diminum secara rutin. Dikonsumsi untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh saja,” katanya

Kak Maelalia Andini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Next Post

Sudah Bisa Mengakses Program Literasi Digital Nasional? Ini Caranya

Sen Agu 2 , 2021
Kementerian Komunikasi […]